ANALISIS SWOT
Menganalisis Peluang Usaha Produk Kerajinan
Menganalisis peluang usaha pada suatu produk
kerajinan berfungsi untuk menemukan peluang dan potensi yang dapat dimanfaatkan,
serta untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia serta berapa lama
usaha tersebut dapat bertahan. Karena adanya ancaman dan peluang yang selalu
menyertai usaha kita sangat penting untuk memantau perubahan lingkungan dan
kemampuan beradaptasi dari suatu usaha agar dapat berkembang dan bertahan dalam
persaingan.
Analisis SWOT adalah suatu kajian terhadap
lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Analisis SWOT pada usaha produk
kerajinan didasarkan pada pemikiran bahwa dengan memaksimalkan kekuatan (strength), peluang (opportunities), serta meminimalkan kelemahan (weaknesses), dan
ancaman (threats), merupakan cara
yang efektif untuk mengetahui langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam
pengembangan usaha produk kerajinan.
Analisis SWOT dilakukan dengan mewawancarai
pengusaha kerajinan dengan menggunakan angket (kuisioner). Ada beberapa cara
yang perlu diperhatikan dalam menganalisis peluang usaha produk kerajinan,
yaitu :
a)
Penetapan Kelayakan Usaha Produk Kerajinan
Pada
tahap analisis kelayakan usaha produk kerajinan, ada beberapa cara yang harus
dilakukan yaitu :
1)
Analisis kelayakan
teknis
2)
Analisis peluang
pasar
3)
Menentukan jumlah
pembelian potensial dalam tiap-tiap segmen pasar
4)
Sumber informasi
pasar
5)
Uji coba pasar
6)
Studi kelayakan
pasar
b)
Analisis Kelayakan Finansial
Analisis
kelayakan finansia adalah landasan untuk menentukan sumber daya finansial yang
diperlukan untuk tingkat kegiatan tertentu dan laba yang diharapkan. Ada dua
cara dasar untuk pemilihan alternatif dalam analisis kelayakan finansial, yaitu
:
1)
Penentuan
kebutuhan finansial total dengan dana yang diperlukan untuk operasional.
2)
Penentuan sumber
finansial yang tersedia
c)
Analisis Persaingan
Analisis
persaingan ini sangat penting untuk pengembangan dan keberlanjutan suatu usaha.
Karena, semua usaha akan mengalami persaingan baik persaingan langsung maupun
persaingan produk perusahaan lain pada pasar yang sama.
Komentar
Posting Komentar